Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Software Untuk Membuat Film Animasi 3 Dimensi

Ingin belajar cara membuat film animasi 3D? Berikut rekomendasi 7 software untuk membuat film animasi 3 dimensi.
5 software andalan animator untuk membuat film animasi 3 dimensi
7 software membuat animasi 3 dimensi | ahmad joni

ahmadjoni.com - Hai Ahmad Joni di sini. Menjadi animator saat ini memang menjadi pekerjaan yang cukup menjanjikan. 

Pasalnya, sejak teknologi pembuatan film animasi terus berkembang, perkembangan karya film animasi meningkat cukup pesat. 

Hal itu dibuktikan dengan banyaknya tayangan film animasi, televisi, iklan dan konten youtube yang menggunakan animasi.

Untuk menjadi animator yang profesional, banyak skill yang harus dikuasai untuk membuat animasi 3 dimensi, salah satunya software animasi. 

Nah apa aja software untuk membuat film animasi 3 dimensi? Berikut 7 software untuk membuat film animasi 3 dimensi:

Berikut 7 Software rekomendasi untuk membuat film animasi 3d:

Blender

software-animasi-3d-blender-ahmad-joni
software animasi 3D blender - ahmad joni

Blender adalah software animasi 3 dimensi yang paling sering digunakan oleh para animator profesional untuk membuat film animasi. 

Software blender ini bersifat open source alias gratis. Jadi, kamu bisa mendownload software blender secara cuma-cuma. 

Namun, jangan salah, walaupun software blender ini gratis, tetapi software ini memiliki fitur yang sangat lengkap sehingga sangat cocok untuk kamu yang ingin mendalami animasi dan menjadi animator profesional.

Beberapa fitur di antaranya modelling, rigging, texturing, motion tracking, animation dan compositing. 

Dengan fitur yang selengkap itu, software blender masih masuk ke dalam software yang ringan dibandingkan software animasi 3 dimensi lainnya. 

Tak heran jika Blender menjadi pilihan terbaik para animator untuk membuat film animasi.

Kelebihan blender:

Software Blender ini sepenuhnya gratis. Kamu tidak harus membeli lisensi atau semacamnya untuk menggunakan software blender. 

Selain itu, software blender juga memiliki fitur yang sangat lengkap mulai dari modelling, texturing, pemetaan UV, rigging dan lain sebagainya.

Selain membuat film atau model animasi 3 dimensi, Blender juga bisa digunakan untuk membuat game berbasis 3 dimensi. 

Jadi, jangan heran kalau software blender masuk ke dalam jajaran 7 rekomendasi software untuk membuat film animasi 3 dimensi.

Kekurangan blender:

Meskipun dibekali dengan gratis dan fitur yang lengkap, bukan berarti software animasi 3 dimensi blender ini tidak memiliki kekurangan. 

Kekurangan software blender terletak pada desain antarmuka dan menunya yang cukup sulit dipahami oleh para pemula. 

Namun tidak usah khawatir, seiring berjalannya waktu, kamu akan terbiasa dengan tampilan software animasi Blender. 

Bersiaplah menjadi animator profesional dengan software blender!

Autodesk 3DS Max

software-animasi-3d-autodesk-3ds-max-ahmad-joni
Software animasi 3 dimensi Autodesk 3DS Max - ahmad joni

Siapa sih yang tidak tahu software Autodesk 3DS Max? Software animasi Autodesk 3DS Max merupakan salah satu software yang populer di kalangan animator.

Seperti software animator lainnya, Autodesk 3DS Max mendukung fitur-fitur dalam membuat animasi 3 dimensi, diantaranya modelling, texturing, rigging, animation, lighting, motion tracking dan compositing.

Yang membuat spesial adalah, software animasi Autodesk 3DS Max ini juga didukung oleh plugin-plugin yang biasanya jarang ditemukan di software animasi 3 dimensi. 

Salah satu plugin yang paling dikenal adalah plugin v-ray yang biasa digunakan animator untuk membuat objek 3 dimensi menjadi lebih berkilau dan terkesan realistis.

Kelebihan Autodesk 3DS Max:

Software autodesk 3DS Max memiliki tampilan yang cukup kompleks, namun cukup ramah pengguna. Untuk pemula, software ini cukup mudah dipelajari.

Selain itu, untuk kamu yang ingin mempelajari software 3DS Max, kamu bisa menemukan banyak sekali tutorial seputar membuat animasi 3 dimensi menggunakan software Autodesk 3DS Max di youtube.

Software autodesk 3DS Max juga didukung oleh plugin-plugin yang compatible dengan software Autodesk 3DS Max sehingga bisa memaksimalkan kamu saat membuat objek animasi 3 dimensi.

Selain itu, meskipun software Autodesk 3DS Max ini mendukung dalam pembuatan game 3D karena memang software ini lebih sering digunakan animator dalam pembuatan game dibanding film.

Kekurangan Autodesk 3DS Max:

Meskipun software animasi Autodesk 3DS Max memiliki fitur-fitur yang sangat lengkap, namun untuk mendapatkan software ini secara legal, kamu harus merogoh kocek cukup dalam. 

Untuk menggunakan software Autodesk 3DS Max ini kamu cukup membayar $1785 pertahun, atau jika dikonversikan kira-kira sebesar 26 juta rupiah. 

Namun, harga tersebut sepadan dengan fitur yang diberikan di software ini.

Autodesk Maya

autodesk-maya-software-ahmad-joni
Autodesk Maya via Autodesk - Ahmad Joni

Software Autodesk Maya merupakan software animasi 3 dimensi yang dikembangkan olehsatu perusahaan yang sama dengan Autodesk 3DS Max, yaitu Autodesk.

Jika 3DS Max sering digunakan untuk membuat game 3D (meskipun bisa juga digunakan untuk membuat film animasi), justru Autodesk Maya sering digunakan membuat film animasi 3 dimensi. 

Beberapa film animasi yang telah dihasilkan menggunakan software Autodesk Maya antara lain Astro Boy, Brave, Wreck-It Ralph, dan masih banyak lagi. 

Bahkan film Brave dan Wreck-It Ralph sempat masuk ke dalam nominasi film animasi 3D terbaik di ajang penghargaan piala Oscar pada tahun 2013.

Kelebihan Autodesk Maya:

Karena diciptakan untuk membuat film animasi 3 dimensi, software 3D Autodesk Maya memiliki fitur-fitur yang dikhususkan untuk itu. 

Fitur-fitur tersebut di antaranya 3D-Custom yang memungkinkan kita membuat objek 3D apapun sesuai dengan kebutuhan. 

Selain itu, fitur lighting dan texturing juga disematkan dalam software ini sehingga objek yang dihasilkan bisa terlihat lebih realistis.

Kekurangan Autodesk Maya:

Seperti 3DS Max, software 3D Autodesk Maya memang merupakan software yang sesuai dengan animator yang ingin membuat film. 

Namun, jika kamu ingin mendapatkan software Autodesk Maya secara legal, kamu harus membayar sekitar 26 juta pertahun. 

Namun harga tersebut sepadan dengan kualitas animasi 3D yang dihasilkan dan fitur yang terdapat dalam software tersebut.

Zbrush

software-animasi-3d-zbrush-pixologic-ahmad-joni
software Zbrush via pixologic | ahmad joni

Software animasi 3 dimensi populer selanjutnya adalah Zbrush. Software Zbrush dikembangkan ooleh perusahaan Pixology. 

Sedikit berbeda dengan software animasi 3 dimensi lainnya, Zbrush merupakan software animasi 3 dimensi yang menggunakan metode "pahat" seperti memahat patung.

Dengan metode seperti memahat patung pada umumnya, software Zbrush digemari para animator untuk membuat model animasi 3 dimensi. 

Jika para seniman patung memahat menggunakan alat secara fisik, software Zbrush memahat model animasi 3 dimensi menggunakan media komputer.

Kelebihan Zbrush:

Software animasi 3d Zbrush memiliki metode modelling yang berbeda dari software animasi 3 dimensi kebanyakan. 

Menggunakan metode pahat membuat para animator menggemari software ini untuk melakukan modelling. 

Selain itu, software ini juga dibekali fitur-fitur animasi 3 dimensi pada umumnya seperti rigging, texturing, animation, lighting dan lain sebagainya.

Kekurangan Zbrush:

Seperti pada software animasi 3d lainnya, untuk mendapatkan software zbrush secara legal, kamu harus mengeluarkan cukup uang untuk membeli lisensinya.

Kamu cukup membayar 32 EURO, atau sekitar Rp. 500.000 perbulan untuk menggunakan software ini. 

Namun, harga tersebut sebanding dengan fitur yang disematkan di dalam software ini.

Houdini

software-animasi-3d-houdini-ahmad-joni
software houdini via vfx world | ahmad joni

Software houdini merupakan software yang dikembangkan oleh Sidefx. Meskipun software ini berbasis 3d, sebenarnya software houdini lebih dikenal sebagai software visual effect. 

Namun seiring berkembangnya waktu, saat ini banyak animator menggunakan software houdini untuk kepentingan modelling, rigging, texturing dan lain sebagainya.

Seperti pada software animasi 3d lainnya, software houdini juga dibekali fitur-fitur pada umumnya seperti modelling, rigging, texturing, lighting dan lain sebagainya.

Kelebihan Houdini:

Software houdini memang didesain sebagai software yang powerfull menangani vfx dan animasi, sangat cocok untuk kamu yang ingin mempelajari animasi untuk keperluan film, motion graphics atau game development.

Selain itu, software houdini juga sudah dibekali fitur virtual reality, sebuah teknologi yang saat ini sedang naik daun.

Jika kamu ingin mendalami software animasi 3d ini, kamu juga bisa mengunjungi website resmi sidefx

Di website tersebut, mereka menyiapkan tutorial-tutorial yang siap membantu kamu yang ingin belajar membuat animasi 3d menggunakan software houdini.

Kekurangan Houdini:

Seperti software berbayar pada umumnya, untuk mendapatkan software houdini secara legal, kamu harus merogoh kantong yang cukup dalam. 

Namun, di balik harga tersebut tentu ada fitur-fitur yang powerfull untuk digunakan dalam membuat animasi 3d, game development, motion graphics dan virtual reality.

Cinema 4D

software-animasi-3d-cinema-4d-ahmad-joni
Software Cinema 4D via Fattu tutorial - ahmad joni

Cinema 4D merupakan software animasi 3d yang dikembangkan oleh Maxon. Maxon merupakan perusahaan yang mengembangkan software-software berbasis 3D dan visual effects seperti Cinema 4D, Zbrush, dan Red giant.

Cinema 4D menjadi salah satu software pilihan animator profesional untuk membuat animasi 3 dimensi. 

Beberapa film animasi 3d yang telah dihasilkan menggunakan Cinema 4D antara lain Smurf Adventure, Yogi Bear, Cloudy with a Chance of Meatballs, Monster House, dan masih banyak lagi.

Kelebihan Cinema 4D:

Seperti software animasi 3D pada umumnya, Cinema 4D dibekali fitur-fitur yang powerfull untuk keperluan animasi 3D.

Namun, salah satu keunggulan Cinema 4D adalah tools handling yang relatif mudah digunakan oleh para animator.

Selain itu, tampilan yang ramah pengguna juga membantu para calon animator yang ingin mendalami pembuatan animasi 3D. 

Kekurangan Cinema 4D:

Di balik kelebihannya, software ini dibanderol dengan harga yang cukup tinggi. 

Pasalnya, untuk menggunakan software cinema 4D secara legal, kamu harus membayar 11 juta pertahun. Tentunya, harga tersebut sebanding dengan fitur yang ditawarkan tersebut.

Daz Studio

software-animasi-3d-daz-studio-via-spin-dis-studio-ahmad-joni
software Daz Studio via Spin DIS Studio - ahmad joni

Daz Studio merupakan software animasi 3 dimensi yang dikembangkan oleh perusahaan Daz 3D. Software ini merupakan software gratis, sehingga cocok untuk kamu yang ingin belajar membuat animasi 3d.

Meskipun gratis, software Daz Studio menawarkan fitur-fitur yang tak kalah canggih dengan software animasi 3D lainnya. Dengan tampilan yang ramah pengguna, software ini sangat cocok untuk kamu yang baru memulai belajar membuat animasi 3d.

Kelebihan Daz Studio:

Software animasi 3d Daz Studio merupakan software yang gratis. Namun, di balik softwarenya yang gratis, terdapat tools-tools atau fitur yang tak kalah canggih dengan software animasi 3 dimensi lainnya seperti 3DS Max, Maya, Blender dan lain sebagainya.

Selain itu, website resmi Daz Studio menyiapkan ribuan aset 3D yang siap digunakan untuk keperluan animasi 3D sehingga memudahkan kamu dalam membuat animasi 3D, terutama kamu yang sedang memiliki project animasi. 

Aset-aset animasi 3D tersebut seperti pepohonan, modelling, background hutan dan lain sebagainya. Uniknya, semua aset 3D yang disiapkan di website Daz Studio compabitle dengan software animasi 3D lainnya.

Kekurangan Daz Studio:

Meskipun software ini gratis, namun kamu harus membayar cukup uang jika ingin mendapatkan asset 3D yang siap digunakan tersebut. 

Namun, uang yang dikeluarkan memang sepadan dengan asset animasi 3D yang dibeli.

Penutup

Nah itulah 7 software yang sering digunakan para animator profesional untuk membuat film animasi 3d. Jika kamu ingin belajar cara membuat animasi 3d, kamu tidak harus mempelajari semua software itu kok. 

Coba pelajari salah satu softwarenya terlebih dahulu. Saat ini banyak tutorial cara membuat animasi 3d, kamu bisa mempelajarinya di youtube, atau mencari tutorial membuat animasi 3d di buku, blog dan lain sebagainya.

Biasanya, jika kamu sudah menguasai salah satu software animasi 3d, kamu akan lebih mudah untuk beradaptasi dengan software lain, karena tools dan fiturnya tidak jauh berbeda antara software animasi 3d satu dengan lainnya.

Gimana? Udah siap untuk jadi animator profesional? Share pendapat kamu di kolom komentar ya!

Itu saja pembahasan mengenai 7 software untuk memuat animasi 3d. Oh ya, jangan lupa subscribe channel youtube Ahmad Joni ya untuk update tutorial seputar film, sinematografi dan editing audio visual. Saya Ahmad Joni, sampai jumpa lagi di artikel seputar film, tutorial film, animasi dan entertainment lainnya.

(Ahmad Joni & ahmadjoni.com)

Ahmad Joni
Ahmad Joni Rutin membuat film pendek, tutorial membuat film, editing dan animasi di website ahmadjoni.com & youtube Ahmad Joni Pro

Posting Komentar untuk "7 Software Untuk Membuat Film Animasi 3 Dimensi"