Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Aspek Pencahayaan Dalam Produksi Film dan Produksi Acara Televisi

3 Aspek pencahayaan dalam produksi film dan produksi siaran acara televisi ini sangat penting diketahui loh!
3 Aspek Pencahayaan Dalam Produksi Film dan Produksi Acara Televisi
ilustrasi pencahayaan - ahmad joni

ahmadjoni.com - Hai, Ahmad Joni di sini. Pencahayaan dalam produksi film dan produksi acara televisi sangat penting. Pencahayaan dalam produksi film memiliki fungsi untuk memberi cahaya dan mengontrol bayangan.

Selain itu, melalui pencahayaan yang baik, mampu menunjukkan tekstur wajah, meningkatkan kualitas gambar. Untuk itu, kita perlu memahami 3 aspek pencahayaan agar produksi film dan produksi siaran acara televisi berkualitas baik. 

Berikut ini 3 aspek pencahayaan dalam produksi film dan produksi siaran acara televisi:

1. Secara Teknis

Penataan cahaya harus memenuhi standar yang berlaku seperti temperatur warna yang tepat, intensitas cahaya yang cukup, kejelasan setting tempat yang ditampilkan.

2. Secara Artistik

Penataan cahaya yang baik harus memenuhi tingkat keberhasilan penataan cahaya dalam mendukung dan menampilkan estetika gambar dari suatu naskah drama atau cerita dengan dapat membangun suatu suasana atau mood yang diinginkan.

3. Secara Pragmatis

Penataan cahaya yang baik harus memenuhi tingkat keberhasilan suatu penataan cahaya dalam menggali dan menampakkan kedalaman isi naskah melalui penggunaan feel yang diwakilinya. Pencahayaan berfungsi untuk mendukung dan menyesuaikan sesuai yang dibutuhkan dalam paket produksi.

Itu saja pembahasan mengenai 3 aspek pencahayaan dalam produksi film dan produksi acara televisi. Oh ya, jangan lupa subscribe channel youtube Ahmad Joni ya untuk update tutorial seputar film, sinematografi dan editing audio visual. Saya Ahmad Joni, sampai jumpa lagi di artikel seputar film, tutorial film, animasi dan entertainment lainnya.
Ahmad Joni
Ahmad Joni Rutin membuat film pendek, tutorial membuat film, editing dan animasi di website ahmadjoni.com & youtube Ahmad Joni Pro

Posting Komentar untuk "3 Aspek Pencahayaan Dalam Produksi Film dan Produksi Acara Televisi"