Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Software Editing Video Profesional Untuk PC dan Laptop

software untuk editing video terbaik untuk PC dan laptop yang sering digunakan para editor profesional.
software-edit-video-terbaik-untuk-pc-dan-laptop-ahmad-joni
7 software edit video terbaik via pexel - ahmad joni

ahmadjoni.com - Hai, Ahmad Joni di sini. Memiliki kemampuan editing video dan menjadi editor video profesional memang menjadi pekerjaan yang cukup menjanjikan.

Pasalnya, sejak teknologi video dan film berkembang, dari sanalah pekerjaan mengedit video menjadi salah satu pekerjaan yang sangat dicari dan dibutuhkan, terutama di dunia audio visual dan film.

Apalagi di era sekarang, audio visual seakan menjadi hiburan yang tak terpisahkan dari kehidupan kita. Mulai dari sosial media seperti facebook, instagram, tiktok, youtube hingga media penyiaran seperti televisi dan film berlomba-lomba menciptakan konten audio visual yang menarik perhatian penonton.

Ketika sudah memproduksi audio visual, langkah selanjutnya untuk menghasilkan konten audio visual yang menarik adalah dengan mengedit video tersebut sehingga layak dan asyik ditonton.

Nah, untuk mengedit video secara maksimal, dibutuhkan software editing video yang powerfull untuk pc dan laptop sehingga mampu menciptakan audio visual yang menarik. 

Nah apa aja software edit video untuk pc dan laptop yang sering digunakan editor profesional?  Inilah software editing video terbaik untuk PC dan laptop untuk para profesional!

7 Software Editing Video Profesional Untuk PC dan Laptop:

Adobe Premiere Pro

software-editing-video-adobe-premiere-pro-ahmad-joni
Adobe Premiere Pro via Agung Hapsah - ahmad joni

Siapa sih yang tidak mengenal Adobe Premiere Pro? Baik di kalangan pemula maupun profesional sudah familiar dengan software editing video satu ini. 

Adobe Premiere Pro digunakan oleh berbagai kalangan mulai dari content creator, televisi hingga editor film. 

Beberapa film hollywood yang pernah diedit menggunakan software Adobe Premiere Pro antara lain A Ghost Story (2017),  Deadpool (2016), Gone Girl (2014), Terminator: Dark Fate (2019) dan masih banyak lagi. 

Adobe Premiere Pro adalah software editing video untuk pc dan laptop yang dikembangkan Adobe Inc. Seperti kita tahu, Adobe Inc. merupakan perusahaan yang khusus mengembangkan software-software audio visual seperti Adobe Premiere Pro, Adobe Audition, Adobe After Effects, Adobe Animate, Adobe Photoshop, dan Adobe Illustrator untuk pc dan laptop.

Ragam software inilah yang menjadi salah satu kelebihan tersendiri dari Adobe. Pasalnya, jika kamu menginstal software-software Adobe, maka semua software tersebut akan saling berhubungan satu sama lain. 

Contohnya, saat kamu mengedit video di Adobe Premiere Pro di pc atau laptop, lalu kamu ingin menambahkan efek visual ke dalam video tersebut, kamu tidak perlu repot-repot menutup Adobe Premiere Pro lalu membuka software lain. 

Di timeline Adobe Premiere Pro tersebut, Kamu tinggal klik kanan, lalu pilih "replace with after effect composition", maka kamu akan diarahkan ke Adobe After Effects untuk menambahkan efek visual tersebut. 

Sama halnya ketika kamu ingin mengedit audio, kamu tinggal klik kanan di salah satu footage timeline Adobe Premiere Pro, lalu pilih "Edit Clip In Adobe Audition", maka kamu akan diarahkan otomatis ke Adobe Audition untuk mengedit audio tersebut.

Selain itu, Adobe Premiere Pro juga memiliki tampilan yang user friendly, sehingga mulai dipelajari berbagai kalangan. Meskipun begitu, Adobe Premiere Pro memiliki fitur yang sangat lengkap sehingga cocok digunakan untuk kamu yang ingin serius terjun menjadi seorang Editor video profesional.

Adobe Premiere Pro tersedia untuk pengguna Windows dan Mac dan bisa kamu dapatkan secara legal secara berlangganan di Website resmi Adobe Inc.

Final Cut Pro

tutorial-software-editing-video-di-pc-final-cut-pro-ahmad-joni
final cut pro via premiumbeat - ahmad joni

Bagi kamu pengguna Mac, pasti tidak asing lagi dengan software editing video untuk pc dan laptop satu ini. Software editing video Final Cut Pro merupakan software editing video untuk pc dan laptop yang dikembangkan oleh Apple Inc. 

Apple Inc. merupakan perusahaan besutan Steve Jobs, yang mengembangkan hardware dan software yang memiliki gagasan visioner dan modern mulai dari Imac, Iphone, macbook, dan lain sebagainya. 

Sama seperti Adobe Premiere Pro, software Final cut pro merupakan software editing video untuk pc dan laptop yang sangat populer di kalangan editor profesional.

Memiliki fitur yang sangat lengkap dan diciptakan khusus untuk perangkat Apple, tak heran apabila Final Cut Pro menjadi pilihan software editing video yang banyak digunakan di kalangan editor profesional. Fitur-fitur tersebut mulai dari editing offline, editing online, motion graphics, color grading, editing audio, dan lain sebagainya.

Beberapa film bioskop yang diedit menggunakan software Final Cut Pro diantaranya The Social Network (2010), John Carter (2011), X-men Origin: Wolverine (2009), dan masih banyak lagi.

Berbeda dengan Adobe Premiere Pro yang menggunakan sistem berlangganan per bulan, untuk menggunakan software final Cut Pro ini kamu cukup membeli satu kali.

Tertarik menggunakan software editing video pc dan laptop satu ini? Software editing video Final Cut Pro tersedia untuk pengguna Mac.

Davinci Resolve Studio

software-editing-untuk-pc-davinci-resolve-studio-ahmad-joni
Davinci Resolve Studio via Daunnet film - Ahmad Joni

Siapa sih yang tidak kenal dengan software editing video Davinci Resolve Studio? beberapa tahun terakhir ini, para editor profesional dibuat kagum dengan kehadiran software editing video Davinci Resolve Studio yang memang dikembangkan untuk pc dan laptop.

Davinci Resolve Studio pada awalnya dikembangkan oleh perusahaan da Vinci Studio pada tahun 2004. Kemudian, pada tahun 2009  diakuisisi oleh perusahaan yang bernama Blackmagic Design.

Sejak diakuisisi oleh Blackmagic Design, Davinci Resolve Studio terus mengalami perkembangan yang sangat signifikan hingga membuat para editor video profesional satu per satu mulai beralih ke software satu ini.

Beberapa hal yang membuat para editor video profesional dibuat kagum dengan software Davinci Resolve Studio adalah karena fitur-fiturnya yang mengagumkan. 

Bayangkan saja, selain fitur-fitur standar yang ada di software editing video profesional pada umumnya, software ini juga menyematkan fitur-fitur tingkat lanjut seperti pengolah audio, visual effect, motion graphics dan lain sebagainya hanya dalam satu software!

Selain itu, Davinci Resolve Studio memang dikenal sejak dulu sebagai software color grading, sehingga sangat cocok untuk kamu yang ingin memberikan sentuhan mood film melalui warna.

Kelebihan lainnya terdapat pada hardware. Blackmagic Design, selaku perusahaan pengembang, juga mengembangkan hardware-hardware seperti Camera BlackMagic Cinema, Davinci Resolve Speed Editor, Davinci Resolve Micro Panel, Davinci Resolve Editor Keyboard dan lain sebagainya yang terintegrasi langsung dengan software Davinci Resolve Studio.

Tentunya, integrasi antara software dan hardware ini sangat menguntungkan jika kamu sedang mengedit video atau film secara profesional berskala besar.

Tertarik menggunakan software editing video Davinci Resolve Studio ini? Menariknya, software ini memiliki 2 versi, yaitu versi gratis dan berbayar. Versi gratis dari software editing video ini bernama Davinci Resolve sedangkan versi berbayarnya bernama Davinci Resolve Studio.

Software Davinci Resolve dan Davinci Resolve Studio ini tersedia untuk pengguna pc dan laptop sistem operasi Windows, Linux dan Mac.

HitFilm

software-editing-video-profesional-hitfilm-ahmad-joni
Hit Film Express via Skill Factory - ahmad joni

Software editing video untuk pc dan laptop selanjutnya adalah HitFilm. Software ini dikembangkan oleh FXHome by Artlist.

HitFilm memiliki tampilan yang user friendly sehingga mudah digunakan baik untuk pemula maupun kalangan profesional.

Layaknya software editing profesional lainnya, sofware HitFilm ini disertai dengan fitur-fitur yang mendukung kamu dalam mengedit video dan film untuk proses editing offline, editing online, motion graphics, color grading dan editing audio.

Menariknya, software ini memiliki 2 versi gratis dan berbayar. Versi gratis dari software ini bernama HitFilm, sedangkan versi berbayar dibagai menjadi 3 jenis yaitu HitFilm Creator, HitFilm Pro dan HitFilm Enterprise.

Tertarik menggunakan software editing video HitFilm ini? Software ini tersedia untuk windows dan mac.

Edius

software-editing-video-edius-ahmad-joni
Edius Software via Sanjay Kumar Swami - Ahmad Joni

Software editing video Edius adalah software editing video yang dikembangkan oleh Grass Valley sejak tahun 2003. 

Edius memiliki tampilan yang user friendly sehingga mudah digunakan baik untuk pemula maupun kalangan profesional.

Layaknya software editing video profesional untuk pc dan laptop lainnya, sofware editing video Edius ini disertai dengan fitur-fitur yang mendukung kamu dalam mengedit video dan film untuk proses editing offline, editing online, motion graphics, color grading dan editing audio.

Tertarik menggunakan software Edius? Untuk kamu yang tertarik ingin belajar menggunakan Edius, gak usah  khawatir. Pasalnya, Edius menyediakan tutorial basic di website resminya. 
Untuk mendapatkan software editing video ini secara legal, kamu bisa langsung mengunjungi website edius.

Avid Media Composer

software-video-editing-avid-media-composer-ahmad-joni
Avid Media Composer via Avid - Ahmad Joni

Avid Media Composer merupakan software pengolah video untuk pc dan laptop yang dikembangkan oleh Avid Technology inc. 

Software ini memiliki tampilan yang cukup user friendly sehingga mudah digunakan baik pemula maupun editor profesional. 

Maka dari itu, tak heran kalau software Avid Media Composer menjadi salah satu software editing video untuk PC dan laptop yang cukup populer dan sering digunakan di kalangan editor profesional. 

Film-film yang diedit menggunakan software Avid Media Composer antara lain  Joker (2019), John Wick 3 (2019), Top Gun Maverick (2022) dan masih banyak lagi. 

Layaknya software editing video profesional untuk pc dan laptop lainnya, sofware editing video Avid Media Composer ini disertai dengan fitur-fitur yang mendukung kamu dalam mengedit video dan film untuk proses editing offline, editing online, motion graphics, color grading dan editing audio.

Tertarik menggunakan software Avid Media Composer ini? Software editing video Avid Media Composer ini dibagi menjadi 3 jenis: Media Composer First, Media Composer, Media Composer Ultimate, dan Media Composer Enterprise. 

Untuk mendapatkan software editing video untuk pc dan laptop ini secara legal, kamu bisa langsung mengunjungi website resmi Avid Media Composer.

Vegas Pro

software-editing-video-terbaik-vegas-pro-ahmad-joni
Vegas Creative Software via Vegas - Ahmad Joni

Software editing video yang sebelumnya bernama Sony Vegas Pro ini dikembangkan oleh perusahaan bernama MAGIX Software GmbH. 

Software Vegas Pro ini memiliki tampilan yang cukup user friendly sehingga mudah digunakan baik pemula maupun editor profesional. 

Layaknya software editing video profesional untuk pc dan laptop lainnya, sofware editing video Vegas Pro ini disertai dengan fitur-fitur yang mendukung kamu dalam mengedit video dan film untuk proses editing offline, editing online, motion graphics, color grading dan editing audio. 

Tertarik menggunakan software Vegas Pro ini? Untuk mendapatkan software editing video untuk pc dan laptop secara legal ini, kamu bisa mengunjungi website resmi Vegas Pro.

Gimana? Udah siap menjadi editor video profesional? Share pendapat kamu di kolom komentar ya!

Nah, inilah pembahasan tentang 7 software edit video terbaik untuk pc dan laptop yang sering digunakan editor profesional. Oh ya, jangan lupa subscribe channel youtube Ahmad Joni ya untuk update tutorial seputar film, sinematografi dan editing audio visual. Saya Ahmad Joni, sampai jumpa lagi di artikel seputar film, tutorial film, animasi dan entertainment lainnya.

(Ahmad Joni - ahmadjoni.com)

Ahmad Joni
Ahmad Joni Rutin membuat film pendek, tutorial membuat film, editing dan animasi di website ahmadjoni.com & youtube Ahmad Joni Pro

Posting Komentar untuk "7 Software Editing Video Profesional Untuk PC dan Laptop"