Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Menjadi Sutradara Film Profesional

Sutradara-sutradara hebat tanah air seperti Joko Anwar, Hanung Bramantyo, Angga Dwimas Sasongko dan lain sebagainya pasti mengalami proses yang cukup panjang untuk menjadi sutradara film profesional. Artikel ini membahas 7 cara menjadi sutradara film profesional.

cara-menjadi-sutradara-profesional-ahmad-joni
Syuting film pendek via ahmad joni

Ahmadjoni.com - Hai, Ahmad Joni di sini. Memiliki keinginan untuk menjadi seorang sutradara film profesional tentunya merupakan hal yang tidak mudah. Selain harus mampu memiliki kemampuan teknis dan kreatif di bidang film, seorang yang ingin menjadi sutradara juga harus mampu memegang kendali dalam proses penciptaan film, mulai dari pra produksi, produksi hingga pasca produksi.

Salah satu tanggung jawab menjadi seorang sutradara profesional dalam pembuatan film adalah mengarahkan proses pengambilan adegan. Tentu saja mengarahkan proses pengambilan adegan dalam film tidak mudah. Sebab, menjadi seorang sutradara bukan hanya berurusan dengan aktor dan aktris, namun juga melibatkan seluruh kru film yang bertugas. 

Meskipun dalam proses pembuatan film, seorang sutradara dibantu oleh asisten sutradara (astrada) dan kru yang lain, namun sebagai seorang sutradara harus memiliki jiwa kepemimpinan yang baik agar bisa bersinergi antara kru film, lokasi, para pemain dan lain sebagainya.

Nah, untuk kamu yang tertarik menjadi seorang sutradara profesional, berikut saya bagikan 7 cara menjadi seorang sutradara film profesional.

Berikut ini 7 Cara menjadi sutradara film profesional:

Mempelajari teori penyutradaraan film

belajar-penyutradaraan-film-ahmad-joni
ilustrasi belajar teori penyutradaraan -  via akseleran

Untuk menjadi seorang sutradara profesional, kita tidak bisa langsung praktik begitu saja. Sebab, sutradara merupakan seorang kreatif dan visioner yang harus mengandalkan seluruh kemampuan kreatifnya dan pengetahuan teknisnya dalam proses pembuatan film.

Untuk itu, seorang yang ingin menjadi sutradara secara profesional harus mempelajari teori-teori penyutradaraan film. 

Teori-teori penyutradaraan film yang dimaksud mulai dari teori seputar proses kreatif pembuatan film seperti aturan 180 derajat, jenis-jenis shot, jenis-jenis angle, jenis-jenis genre film, teori seputar teknis pembuatan film seperti jenis-jenis kamera, jenis-jenis lensa, hingga teori seputar leadership dalam proses pembuatan film sebagai sutradara.

Kamu bisa mempelajari semua teori-teori seputar film di buku-buku, majalah, website hingga channel youtube. Banyak channel youtube dan website yang membahas seputar perfilman. Salah satunya adalah website yang sedang anda baca ini. hehehe

Menikmati dan mengamati film

menonton-film-ahmad-joni
ilustrasi menonton film - pixabay

Untuk menjadi sutradara film profesional, mempelajari teori penyutradaraan saja tidak cukup. Kamu harus memperkaya referensi tontonan film. Untuk itu, bagi kamu yang ingin menjadi sutradara film profesional, disarankan untuk lebih sering menonton film. 

Selain menikmati film yang kamu tonton, kamu juga perlu untuk mengamati film yang kamu tonton. Misalnya, bagaimana alur ceritanya? Bagaimana teknik sinematografinya? Atau bagaimana ekspresi pemain ketika sedang berdialog? Atau bagaimana sutradara membangun suasana dalam film tersebut. 

Nah, setelah mengamati film-film tersebut, buatlah film pendek lalu terapkan hasil pengamatan-pengamatanmu ke dalam film pendek yang kamu garap.

Mempelajari teknik film dan produksi

7-cara-menjadi-sutradara-film-profesional
ilustrasi sutradara film via pexel

Ada baiknya, untuk menjadi seorang sutradara profesional, kamu harus mempelajari teknik-teknik dasar dalam produksi film seperti tentang kamera, pencahayaan, tata suara, sinematografi, editing audio visual, dan desain produksi. 

Hal tersebut dikarenakan agar sutradara bisa "berkomunikasi secara teknis" dengan para kru sehingga ketika kamu sebagai sutradara menginginkan adegan atau pencahayaan tertentu, kamu bisa menjelaskannya bukan hanya dengan komunikasi kreatif, namun juga dengan bahasa komunikasi teknis sehingga para kru bisa memahami keinginanmu sebagai sutradara.

Nah, untuk bisa mempelajari teknik-teknik produksi film, kamu dapat mempelajarinya melalui kursus, seminar, workshop film atau bisa melalui youtube dan blog Ahmad Joni yang selalu menulis tentang tips dan trik seputar produksi film.

Memahami seluruh proses produksi film

7-cara-menjadi-sutradara-film-profesional
ilustrasi produksi film via hippopx

Sutradara adalah orang yang bertanggung jawab atas setiap aspek produksi film, dari pemilihan pemeran hingga pemilihan lokasi. Untuk menjadi seorang sutradara yang profesional sukses, kamu harus memahami seluruh proses produksi film, dari pra-produksi hingga pasca-produksi. 

Sebagai sutradara film, kamu harus tahu bagaimana mengatur dan mengarahkan tim produksi, menulis naskah, mengatur jadwal dan anggaran produksi, serta mengarahkan para aktor dan kru. 

Dengan memahami seluruh rangkaian proses produksi, kamu bukan hanya bisa mewujudkan film sesuai visi misimu sebagai sutradara, namun juga bisa memproduksi film sesuai budget dan jadwal yang ada.

Meningkatkan kreatifitas 

editor-film
meningkatkan kreatifitas sutradara

Pastinya kamu kenal dengan sutradara kenamaan Hollywood, Christoper Nolan, bukan? Christoper Nolan adalah salah satu sutradara yang memiliki tingkat kreatifitas yang luar biasa. 

Film-filmnya dikenal luas sebagai film yang plot twist, tak terduga bahkan memiliki tingkat cerita yang kompleks. Kreatifitasnya di bidang film, Ia salurkan lewat karya-karya filmnya yang berjudul Memento (2000), Dunkirk (2017), Interstellar (2014), Tenet (2020) dan masih banyak lagi.  

Nah, dalam produksi film, kreativitas adalah kunci untuk menjadi sutradara yang sukses. Sutradara yang baik adalah sutradara yang memiliki kreatifitas yang luar biasa. 

Untuk menjadi sutradara film secara profesional, kamu harus terus mengasah kreatifitas. Gimana caranya? Kamu bisa meningkatkan kreatifitas sebagai seorang sutradara dengan cara membaca buku, menonton film, mengikuti kursus seputar film, dan lain sebagainya. 

Menjalin jaringan dan relasi

membangun-relasi-di-industri-film-ahmad-joni

Untuk menjadi sutradara film profesional dan sukses, kamu tidak bisa bekerja sendiri. Untuk itu, bagi kamu yang ingin menjadi sutradara film profesional, kamu perlu membangun relasi di industri film. 

Kamu bisa bergabung dengan komunitas-komunitas film lokal, menghadiri festival-festivalfilm atau kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan produksi film untuk bertemu dengan orang-orang yang terlibat dalam produksi film. 

Hal ini bisa membangun relasi lebih luas lagi dengan orang-orang yang terjun langsung di industri film. Siapa tau kan, saat kamu punya cita-cita ingin menyutradarai naskah filmmu, salah satu relasimu mau mendanai film yang akan kamu garap?

Terus belajar dan berlatih

membuat-film-ahmad-joni
ilustrasi belajar membuat film

Untuk menjadi sutradara film profesional yang sukses memerlukan komitmen yang besar untuk belajar dan berlatih. Maka dari itu, sebagai seorang sutradara, sebaiknya kamu terus belajar dan berlatih. Kamu juga perlu mengikuti perkembangan teknologi dan tren industri film terbaru. Selalu mencari kesempatan untuk mengambil bagian dalam proyek film dan mengasah keterampilanmu sebagai sutradara.

Nah itu dia cara menjadi sutradara film profesional. Sebenarnya masih banyak cara menjadi sutradara film profesional. Namun, pada intinya, menjadi seorang sutradara profesional memang perlu perjalanan panjang. 

Selain memerlukan keterampilan teknis dan kreatif yang unik, seseorang yang ingin menjadi sutradara profesional juga perlu memiliki komitmen yang besar untuk belajar dan berkembang. 

Anda harus mempelajari teknik film dan produksi, memahami seluruh proses produksi film, meningkatkan kemampuan kreatif Anda, menjalin jaringan dan relasi, serta terus belajar dan berlatih. 

Dengan mengikuti cara-cara ini, Anda dapat menjadi sutradara film profesional yang sukses dan terkenal dalam industri film.

Oh ya, jangan lupa subscribe channel youtube Ahmad Joni ya untuk update tutorial seputar film, sinematografi dan editing audio visual. Saya Ahmad Joni, sampai jumpa lagi di artikel seputar film, tutorial film, animasi dan entertainment lainnya.

(Ahmad Joni & ahmadjoni.com)

Ahmad Joni
Ahmad Joni Rutin membuat film pendek, tutorial membuat film, editing dan animasi di website ahmadjoni.com & youtube Ahmad Joni Pro

Posting Komentar untuk "7 Cara Menjadi Sutradara Film Profesional"