Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah-langkah Menulis untuk Pemula

Kamu ingin menjadi penulis? Ingin menjadi penulis namun bingung harus memulai dari mana? Banyak cara tentunya untuk menulis bagi pemula. Artikel ini akan menjelaskan langkah-langkah menulis untuk pemula! Cocok untuk kamu yang sedang belajar tips trik menulis artikel, cerpen, novel hingga naskah atau skenario film.

langkah-langkah-tips-dan-trik-bisa-menulis-untuk-pemula-ahmad-joni

ahmadjoni.com - Hai, Ahmad Joni di sini. Kita mungkin sering melihat karya-karya tulisan baik dalam bentuk cerpen, novel, artikel hingga skenario film. Sebut saja Joko Anwar, Eka Kurniawan, Dewi Lestari dan lain sebagainya. Untuk menjadi penulis handal seperti Joko Anwar, Eka Kurniawan, Dewi Lestari, Sapardi Djoko Damono, serta Tere Liye perlu kerja keras, pengetahuan yang cukup dan latihan yang tinggi. Tulisan yang bagus tentunya bisa dinikmati banyak orang. Misal seperti cerpen, novel, artikel hingga skenario film. Bahkan dalam industri film pun, skenario film yang bagus memudahkan sutradara dalam menginterpretasikan naskah ke dalam visual.

Menulis merupakan kegiatan menuangkan pikiran ke dalam tulisan. Bagi orang yang sudah terbiasa menulis, menuangkan ide pokok pikiran ke dalam tulisan memang menjadi hal yang biasa. Namun, bagi para pemula, menuangkan ide pokok pikiran menjadi sebuah tulisan adalah kesulitan tersendiri. Untuk memulai menulis bagi pemula, butuh langkah-langkah khusus dalam menulis agar kita bisa menuangkan ide-ide pikiran kita ke dalam tulisan. 

Nah berikut ini langkah-langkah dalam menulis untuk pemula: 

Rajinlah Membaca Buku

langkah-menulis-untuk-pemula-ahmad-joni
ilustrasi membaca buku via pixabay - Ahmad Joni

'Menulis' ibarat kendaraan, dan membaca ibarat 'bahan bakar'. Seperti itulah kira-kira analogi yang bisa menggambarkan betapa pentingnya membaca untuk bisa menulis. Untuk bisa menulis, kamu diharuskan untuk rajin membaca buku. Membaca dapat memberikanmu inspirasi dan ide-ide baru dalam menulis. Kamu juga dapat mempelajari gaya penulisan dan teknik-teknik penulisan dari penulis lain. Jangan hanya membaca satu jenis buku saja, cobalah membaca buku dari berbagai genre untuk melatih kemampuanmu dalam menulis. Semakin banyak kamu membaca buku, semakin kaya pula wawasanmu, dan semakin variatif juga gaya penulisan yang kamu ketahui.

Tentukan topik yang akan kamu tulis

cara-menulis-untuk-pemula-ahmad-joni
ilustrasi menentukan topik tulisan via pixabay - ahmad joni

Langkah berikutnya untuk memulai menulis bagi pemula adalah menentukan topik yang akan kamu tulis. Sebelum mulai menulis, tentukan topik apa yang akan kamu tulis. Pilihlah topik yang kamu kuasai atau yang kamu minati. Jangan ragu untuk mengeksplorasi topik yang berbeda-beda dan jangan takut untuk mencoba sesuatu yang baru.

Buatlah outline atau kerangka tulisanmu

cara-membuat-outline-tulisan-bagi-pemula-ahmad-joni
ilustrasi membuat outline tulisan via pexels - ahmad joni

Sebelum mulai menulis, buatlah outline atau kerangka tulisanmu terlebih dahulu. Hal ini akan memudahkanmu dalam menyusun isi tulisanmu dan menghindari tulisan yang bertele-tele. Buatlah outline dengan topik utama dan sub-topiknya. Kemudian, susunlah poin-poin penting yang ingin kamu sampaikan dalam setiap sub-topik tersebut.

Tulislah dengan bahasa yang mudah dipahami

cara-menulis-artikel-blog-ahmad-joni
ilustrasi menulis artikel via pixabay- ahmad joni

Untuk memulai menulis bagi pemula, tulislah dengan bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca. Jangan gunakan bahasa yang terlalu rumit atau kata-kata yang sulit dimengerti. Gunakan kata-kata yang sederhana dan mudah dimengerti oleh siapa saja.

Lakukan riset

melakukan-riset-ahmad-joni
Ilustrasi melakukan riset via pixabay - ahmad joni

Jika kamu menulis tentang topik tertentu, pastikan untuk melakukan riset terlebih dahulu. Cari tahu informasi terbaru atau data-data terkini tentang topik tersebut. Dengan melakukan riset, kamu dapat menambahkan informasi yang akurat dan menghindari kesalahan dalam tulisanmu.

Gunakan sumber yang akurat

koleksi-buku-sumber-akurat-dalam-menulis-ahmad-joni
Ilustrasi tumpukan buku via pixabay - ahmad joni

Jika kamu menggunakan sumber dalam tulisanmu, pastikan untuk menggunakan sumber yang akurat dan terpercaya. Jangan hanya mengandalkan informasi dari sumber yang belum teruji kebenarannya. Gunakan sumber dari sumber-sumber yang terpercaya seperti jurnal, buku, atau sumber-sumber akademik.

Tulislah dengan gaya yang unik

tips-menulis-ahmad-joni
ilustrasi menulis via pixabay - ahmad joni

Jangan takut untuk mengekspresikan diri dalam tulisanmu. Tulislah dengan gaya yang unik dan mencerminkan kepribadianmu. Ini akan membuat tulisanmu lebih menarik dan membedakannya dari tulisan orang lain.

Gunakan kata-kata yang tepat

langkah-langkah-menulis-ahmad-joni
ilustrasi menulis via pixabay-ahmad joni

Pilihlah kata-kata yang tepat dan sesuai dengan konteks tulisanmu. Jangan gunakan kata-kata yang tidak relevan atau tidak ada kaitannya dengan topik tulisanmu. Gunakan juga sinonim atau variasi kata agar tulisanmu berkualitas.

Baca kembali tulisanmu

tips-menjadi-penulis-dengan-membaca-ahmad-joni
ilustrasi membaca via pixabay - ahmad joni

Setelah kamu berhasil menulis, langkah selanjutnya adalah baca kembali tulisanmu. Biasanya, kamu akan menemukan letak-letak kesalahan seperti frasa kata, sinonim, pemilihan kata, hingga tanda baca. Ini penting sebab dengan membaca kembali tulisanmu, kamu akan terus bisa memperbaiki tulisanmu. Kamu juga bisa meminta orang lain untuk mengoreksi kembali tulisanmu. Kritik dan saran dari orang lain juga diperlulan untuk menunjang langkah-langkah menulis agar tulisan kamu semakin hari semakin baik.

Nah itu dia tadi artikel tentang langkah-langkah dalam menulis untuk pemula. Langkah-langkah ini bisa diterapkan untuk kamu yang sedang belajar menulis seperti artikel, cerpen, novel bahkan naskah film atau skenario film.

Oh ya, jangan lupa subscribe channel youtube Ahmad Joni ya untuk update tutorial seputar produksi film, sinematografi, editing audio visual dan visual effect. Saya Ahmad Joni, sampai jumpa lagi di artikel seputar menulis dan tutorial seputar film lainnya.

(Ahmad Joni & ahmadjoni.com)

Ahmad Joni
Ahmad Joni Rutin membuat film pendek, tutorial membuat film, editing dan animasi di website ahmadjoni.com & youtube Ahmad Joni Pro

Posting Komentar untuk "Langkah-langkah Menulis untuk Pemula"