Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Fakta Menarik Pembuatan Film Pendek Mirror Karya Ahmad Joni

Film pendek horor "MIRROR" yang disutradarai Ahmad Joni ini punya 5 fakta menarik yang sayang untuk dilewatkan. Yuk simak artikel 5 Fakta Menarik Pembuatan Film Pendek Mirror Karya Ahmad Joni!

5 fakta menarik proses produksi film pendek karya Ahmad Joni
Film pendek horor "Mirror" karya Ahmad Joni

ahmadjoni.com - Hai, Ahmad Joni di sini. Pernah kebayang gak, habis BAB, mau cukur kumis eh kumis yang udah dipotong tiba-tiba tumbuh lagi? Aneh memang, tapi itulah sekelumit cerita dari film pendek horor "Mirror", sebuah film pendek horor yang saya tulis dan sutradarai.

Film pendek horor "mirror" ini saya produksi pada tahun 2022, tepat 1 tahun lalu saat artikel ini ditulis. Ceritanya agak nyeleneh, aneh dan gak masuk akal? Yaps! Bener banget. Dari beberapa film pendek yang sudah saya produksi, beberapa di antaranya memiliki cerita yang kadang di laur nalar. hehehe. Karena sebenarnya, hidup itu memang penuh kejutan sih. Jadinya, bikin filmnya pun "kejutan".

Bukan cuma soal itu, ada beberapa hal menarik terkait pembuatan film pendek "mirror" ini. Penasaran?

Berikut ini 5 fakta menarik dalam proses pembuatan film pendek "mirror" karya Ahmad Joni:

1. Dibuat spontan dan tanpa naskah

Bener banget. Film pendek horor "mirror" ini saya buat spontan dan tanpa naskah. Jadi, ceritanya, setahun lalu saya diberi amanah untuk membimbing beberapa rekan untuk membuat film pendek. Dan, saat itu, mereka sedang melakukan casting untuk memilih pemain yang cocok untuk kebutuhan film mereka. Casting itu dilakukan dari pagi sampai sore. Tugas saya sebenarnya sudah selesai saat itu: Memberi arahan terkait proses casting saja. Selepas itu, mereka yang menjalani. Jadi, saya menunggu mereka selesai casting. 

Tepat siang hari, saat menunggu mereka melakukan casting, sebagai manusia biasa, ada kalanya kebelet pengen BAB dong ya. Masuklah ke WC. eh tiba-tiba sebuah ide yang nyeleneh muncul di kepala. Melihat kumis sudah cukup tebal; cermin, WC! Ide yang menarik.

Buru-buru keluar dari kamar mandi, ambil kertas dan pena lalu bikin sketsa cerita! Selesai membuat sketsa cerita, minta bantuan teman-teman untuk menyiapkan properti. 

Setelah itu, take a camera, take a microphone, roll and action!

2. Dialog direkam saat proses pasca produksi

Kira-kira 2 hari setelah pengambilan gambar itu, saya mulai memikirkan proses pasca produksi. Saya mulai merangkai gambar dan suara agar menjadi film yang utuh. Nah, ada hal yang menarik dari proses pasca produksi: Dialog direkam saat proses pasca produksi. 

Yups bener banget! Saat proses pasca produksi dan gambar sudah mulai disusun, selanjutnya masih mikir, apa kira-kira dialog yang cocok untuk filmnya? Akhirnya beberapa kali membuat dialog, akhinya terjadilah dialog seperti yang teman-teman bisa tonton filmnya di Youtube.

3. Teknis syuting adegan memotong kumis 

Teman-teman yang sudah menonton filmnya di Youtube mungkin agak aneh ketika kumis yang sudah dipotong tiba-tiba tumbuh lagi? Penasaran gimana teknik saat syutingnya?

Nah, dalam proses syuting adegan memotong kumis tiba-tiba tumbuh lagi, dilakukan 3 kali take. Take pertama saat kumis masih belum terpotong. Take kedua saat kumis juga belum terpotong dan mengambil gunting untuk memotong bibirnya. Dan, take ketiga saat proses pemotongan kumis. 

Proses dalam adegan tersebut memang butuh ketelitian dan kejelian. Karena, salah sedikit prosesnya, harus menunggu 1 bulan lagi sampai kumis dan janggut tumbuh lagi. hahaha

4. Adegan BAB di dalam WC

Kalau kalian sudah menonton film pendek horor "mirror" ini di youtube, kalian pasti melihat ada adegan pintu kamar mandi, suara orang menelpon dan suara flush WC. Adegan tersebut ada di 00.00 - 00.43 detik.

Nah, faktanya, sebenarnya adegan tersebut tidak ada. Gambar tersebut hanya direkam menggunakan smartphone selama 1 menit. Di pasca produksi, gambar tersebut diberi dialog seolah-olah sedang menelpon. Selain itu, diberi juga sound effect flush air WC. 

5. Ceritanya absurd, tapi...

Kalau kalian menonton filmnya, ceritanya memang sedikit absurd sih. Gimana enggak? Disaat orang-orang udah mulai mikirin mau bikin film apa, ceritanya gimana, tapi kalau saya bikin sketsa kasar, syuting lalu editing sambil mikir nanti ceritanya mau dibikin gimana. Aneh memang, gak sesuai kaidah bikin film memang, tapi saya cuma ingin memiliki kesan membuat film yang berbeda dan spontan. Sttt! Jangan ditiru ya.

Nah itu dia tadi 5 Fakta Menarik Pembuatan Film Pendek Mirror Karya Ahmad Joni. Sebenarnya, untuk membuat film yang baik dan berkualitas, termasuk film pendek, memang butuh perencanaan matang mulai dari proses pra produksi, produksi dan pasca produksi. 

Namun ada saatnya kita perlu membuat film secara spontan dan tidak terencana, seperti yang saya buat. Karena, pada akhirnya, beberapa film yang saya buat bukan untuk keperluan festival film atau ajang bergengsi lainnya, namun sekedar hiburan dan fun. Yups bener banget! Bagi saya, bikin film pendek itu menyenangkan. Wahana yang sangat menyenangkan! 

Oh ya, jangan lupa subscribe channel youtube Ahmad Joni ya untuk update tutorial seputar produksi film, sinematografiediting audio visual dan visual effect. Saya Ahmad Joni, sampai jumpa lagi di artikel seputar proses produksi film pendek dan tutorial seputar film lainnya.

(Ahmad Joni & ahmadjoni.com)

Ahmad Joni
Ahmad Joni Rutin membuat film pendek, tutorial membuat film, editing dan animasi di website ahmadjoni.com & youtube Ahmad Joni Pro

Posting Komentar untuk "5 Fakta Menarik Pembuatan Film Pendek Mirror Karya Ahmad Joni"