Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Meningkatkan Skill Videografi

Hobi bikin video dan ingin menjadi profesional di bidang videografi? Untuk menjadi profesional di bidang videografi, fotografi maupun sinematografi, selain dibutuhkan pengetahuan dan keterampilan, kamu juga harus terus meningkatkan skillmu. Bagaimana caranya? Nah berikut artikel cara meningkatkan skill videografi dan sinematografimu!

cara-meningkatkan-skill-videografi

ahmadjoni.com - Hai, Ahmad Joni di sini. Saat ini, kebutuhan videografi meningkat dengan cepat dan diminati oleh banyak orang. Nah, sebenarnya ini merupakan kesempatan yang baik bagi kamu untuk bisa menghasilkan uang dari videografi. 

Namun, untuk bisa menjadi videografi yang handal dan profesional, dibutuhkan pengetahuan dan keterampilan yang memadai. Selain itu, untuk menjadi videografer profesional juga dibutuhkan banyak pengalaman, dedikasi yang tinggi terhadap bidang videografi. Nah untuk itu, kamu perlu meningkatkan skill videografimu. Gimana caranya? 

Berikut tips dan trik cara meningkatkan skill videografi:

Praktik secara terus menerus 

syuting-film-pendek-ahmad-joni
praktik videografi via pixabay - ahmad joni

Mungkin kamu pernah mendengar istilah 'pisau semakin diasah akan semakin tajam'. Begitu pula dengan skill. Praktik adalah kunci untuk meningkatkan keterampilan videografi Kamu. Semakin sering Kamu merekam video, semakin mahir kamu dalam mengambil gambar yang baik dan pengaturan frame yang tepat. Cobalah untuk merekam video sesering dan sebanyak mungkin, baik itu dengan kamera profesional atau bahkan dengan smartphone. Jangan takut untuk bereksperimen dengan teknik baru dan berlatih mengambil gambar dalam berbagai kondisi cahaya.

Belajar dari orang lain 

menonton-youtube-ahmad-jon-
ilustrasi menonton youtube via pixabay - ahmad joni

Belajar dari pengalaman orang lain adalah cara yang baik untuk meningkatkan keterampilan dan skill videografi kamu. Kamu dapat menonton tutorial di YouTube atau mengikuti kursus videografi. Salah satu channel youtube yang bisa dijadikan rujukan untuk belajar seputar videografi dan produksi film adalah Ahmad Joni. Kamu juga bisa menonton film pendek yang sudah diupload di channel youtube tersebut.

Pelajari teknik-teknik terbaik dan perhatikan bagaimana mereka menerapkannya dalam membuat video yang bagus atau dalam film yang sudah diproduksi. Kamu juga bisa meminta umpan balik dari orang lain untuk meningkatkan keterampilan kamu.

Belajar Menggunakan Peralatan Profesional

peralatan-videografi-ahmad-joni
peralatan videografi via pixabay - ahmad joni

Cara meningkatkan skill videografi selanjutnya adalah belajar menggunakan peralatan profesional. Mungkin kamu berfikir untuk 'harus' membeli peralatan profesional. Namun nyatanya tidak. Kamu tidak perlu membeli peralatan yang mahal, tetapi pastikan kamu memiliki peralatan yang tepat untuk jenis video yang ingin Kamu buat. Kamera yang bagus, tripod, dan mikrofon eksternal adalah beberapa peralatan dasar yang akan membantu Kamu membuat video yang berkualitas. Pilihlah peralatan yang sesuai dengan kebutuhan Kamu dan pastikan Kamu menguasai penggunaannya. Kamu bisa meminjam dari teman-temanmu, atau bisa menyewanya dari tempat penyewaan alat-alat produksi film dan video.

Pelajari Editing Video

editing-video-ahmad-joni
ilustrasi editing video via pexels - ahmad joni

Untuk meningkatkan skill videografimu, kamu juga perlu mempelajari software editing video. Editing video memang merupakan bagian penting dari videografi. Sebuah video yang direkam dengan baik dapat menjadi tidak efektif jika tidak diedit dengan baik. Untuk itu, pelajari tentang teknik pengeditan video dan bagaimana cara menggunakan software editing video. Cobalah untuk bereksperimen dengan efek-efek dan transisi untuk membuat video yang lebih menarik. Kamu bisa memulainya dengan memilih software editing video mana yang cocok untuk kamu pelajari.

Tingkatkan Kreatifitas

cara-meningkatkan-kreatifitas-ahmad-joni
ilustrasi meningkatkan kreativitas via Ketut Subiyanto - ahmadjoni.com

Seorang videografer yang profesional dan handal, tidak hanya menguasai teknik-teknik dasar, tetapi juga memiliki kemampuan kreativitas yang baik. Untuk itu, cobalah untuk berlatih kreatifitas Kamu dengan menciptakan ide-ide baru dan mengembangkan konsep yang unik untuk videomu. Jangan takut untuk mencoba hal-hal baru dan berbeda. Untuk meningkatkan kreatifitas, kamu bisa sesering mungkin menonton trend-trend terkait videografi, lalu mencoba membuat teknik trend videografimu sendiri.

Nah itu dia 5 cara meningkatkan skill videografi. Untuk menjadi seorang videografer profesional dibutuhkan dedikasi, pengalaman dan keterampilan yang baik. Untuk itu, dengan terus meningkatkan skill videografimu, berlatih terus menerus dan meningkatkan kreatifitas di bidang videografi, kamu dapat meningkatkan skill videografimu dan dapat membuat video yang berkualitas. Jangan lupa juga untuk selalu update informasi, terutama trend-trend terkait videografi. Karena semakin kamu update tentang trend-trend seputar videografi, semakin meningkat juga skill videografimu.

Oh ya, jangan lupa subscribe channel youtube Ahmad Joni ya untuk update tutorial seputar tutorial produksi film, sinematografi, editing audio visual dan visual effect. Saya Ahmad Joni, sampai jumpa lagi di artikel seputar videografi dan tutorial seputar film lainnya.

(Ahmad Joni & ahmadjoni.com)

Ahmad Joni
Ahmad Joni Rutin membuat film pendek, tutorial membuat film, editing dan animasi di website ahmadjoni.com & youtube Ahmad Joni Pro

Posting Komentar untuk "Cara Meningkatkan Skill Videografi"